Visi dan Misi

Visi

Sebagai Program Studi Magister (S2) Ilmu Hukum terkemuka dalam kajian dan pengembangan ilmu hukum dan menghasilkan lulusan yang professional, bermoral dan berwawasan global serta menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.

M I S I

Untuk mewujudkan visi tersebut, program Magister (S2) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret menetapkan misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarkan pendidikan yang memiliki daya saing yang berorientgasi di tingkat nasional dan berwawasan  global
  2. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang menunjang pembangunan nasional di bidang hukum, khususnya hukum bisnis, hukum kebijakan publik, dan hukum pidana ekonomi
  3. Menyelenggaraka penelitian-penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu hukum sejalan dengan dinamika di tingkat nasional dan internasional
  4. Membangun dan mengembangkan budaya hukum melalui pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab sosial untuk mewujudkan supremasi hukum dengan mengedepankan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kejujuran.

T U J U A N

Sesuai dengan visi, misi dan sasaran yang diuraikan di atas, tujuan Program Studi Magister (S2) Ilmu Hukum UNS adalah menyiapkan sumber daya manusia nyang mempunyai kompetensi keilmuan dan professional di bidang Hukum Bisnis, Hukum Kebijakan Publik, Hukum Pidana Ekonomi, Hukum Ekonomi syariah dan Hukum Kesehatan dengan lulusan yang berkualifikasi sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan kemampuan teoritis, konseptual dan ketrampilan praktis khususnya dalam bidang Hukum Bisnis, Hukum Kebijakan Publik, Hukum Pidana Ekonomi, yang visiable dalam skala nasional dan global,
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademis untuk melanjutkan jenjang pendidikan S3 baik di dalam negeri maupun di luar negeri
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengambil bagian yang penting dalam proses pengembangan ilmu hukum dan pembangunan hukum di Indonesia.
  4. Menghasilkan lulusan yang professional, mempunyai integritas dan moralitas yang tinggi, sehingga memiliki komitmen pada keadilan, kebenaran, kejujuran dan kesejahteraan sosial
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu huukum melalui penelitian-penelitian yang berorientasi pada peningkatan dan pengembangan ilmu hukum yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

SASARAN

Sasaran dari Pendirian Program Studi Magister (S2) Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNS adalah :

  1. Menghasilkan kualitas lulusan yang berwawasan global dengan rata-rata indeks prestasi 3,50 agar mampu berperan aktif dalam pengembangan ilmu hukum.
  2. Meningkatkan kompetensi mahasiswa (dalam bidang Hukum Kebijakan publik, Hukum Bisnis dan Hukum Pidana Ekonomi) dalam memanfaatkan cara-cara berfikir alternative dalam pengembangan imu hukum dan hukum.
  3. Meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah untuk mengemukakan ide, konsep dalam proses harmonisasi hukum sejalan dengan globalisasi bidang hukum dan kepentingan nasional.
  4. Menjadikan Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNS sebagai pusat kajian dalam pembangunan hukum nasional khsususnya di bidang Hukum Bisnis, Hukum Kebijakan Publik dan Hukum Pidana Ekonomi
  5. Menjadikan Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNS yang memberi kontribusi dalam peningkatan budaya hukum msyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *